Wiskul : Nasgor Pak Taman


 

Kalau dilihat dari stiker TV Borobudur “Enak Tenan” yang ditempel di warungnya, sih, pertanda rasanya sudah teruji. Dan memang dari olahan nasinya benar-benar nikmat.

Cara mengetes nasi goreng memang sulit mengingat jenis nasi goreng di Indonesia ini tak terhitung. Ada yang mainstreamnya oriental, ada yang Jawa, ada yang putih karena gak pakai kecap, ada nasi goreng bakar, bahkan takaran bumbu nasi goreng babat pun berbeda-beda (tetapi satu jua babatnya hehehe…)

Parahnya lagi, karena tidak ada versi resmi bumbu apa saja yang dicemplungkan ke dalam wajannya, nasi goreng betul-betul menjadi kekayaan kuliner Indonesia. Sesama nasi goreng oriental misalnya, ada yang pakai kecap ikan, ada yang memilih minyak wijen.

Tapi secara umum, ini selera pribadi saya sebetulnya, nasi goreng tidak boleh kebanyakan minyak. Saya sudah mencoba banyak nasi goreng, beberapa rasanya lembut, beberapa lagi licin berminyak hingga setelah nasi habis pun di atas piring tersisa goresan-goresan minyak menggenang. Jijay ah. Selain berlemak tak sehat, juga kadang-kadang kalau minyaknya bekas pakai membuat tenggorokan sakit.

 

Di warung yang berlokasi di salah satu sisi stadion Jl. Kimangunsarkoro ini (atau belokannya, maaf nggak tahu nama pastinya), nasgornya lembut dan nggak banyak minyak. Piringnya dialasi daun pisang dipotong bundar, menambah harum masakan. Bawang merahnya dirajang separuh, trus babatnya dipotong kotak-kotak. Sekadar info, babatnya cuma dari jenis babat keset, alias nama biologinya rumen. Padahal babat kan macam-macam, ada babat jala (retikulum), trus yang bentuknya ada lembaran-lembarannya (omasum).

nasi goreng babat
nasi goreng babat

Tapi empuk kok, dan bawang putihnya kerasa gurih. Kecapnya juga gak kebanyakan. Seporsi nasgor babat dihargai Rp 12.000,00. Recommended.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s