Horcrux : Mungkinkah JK Rowling Salah Tulis?


    Saya mencatat beberapa pertanyaan tak terjawab soal Harry Potter, yang merupakan keganjilan soal beberapa hal dalam heptalogi itu. Pertanyaan-pertanyaan ini saya susun setelah saya menamatkan ketujuh bukunya namun belum ada jawaban memuaskan yang ditemukan (mengacu pada isi buku, bukan pada perdebatan non-ofisial yang terjadi di forum para fans Harry Potter).

    Pertanyaan-pertanyaannya sebagai berikut :

  1. Mengapa Hagrid tidak ditangkap saat menggunakan sihir? Seperti kita tahu dalam buku pertama seri HP, Hagrid menyihir Dudley Dursley berekor babi, padahal dalam buku ke-2 kita tahu sejarah Hagrid dikeluarkan dari Hogwarts dan tongkatnya dipatahkan, dan dilarang menyihir. Kementerian Sihir saja bisa melacak Harry Potter yang menyihir Patronus di buku ke-5 padahal dilarang (karena di bawah umur), masa mereka tidak bisa mendeteksi Hagrid saat menyihir sepupu Harry?
  2. Apa yang dimaksud Dumbledore soal “kerusakan mengerikan yang telah kalian timpakan pada anak malang yang duduk di antara kalian” alias Dudley Dursley? (buku ke-6, hal. 76 terjemahan Indonesia)
  3. Dan kita sampai pada pertanyaan terpenting : Mengapa Harry Potter dinyatakan sebagai Horcrux ketujuh, bukankah jumlah Horcrux hanya enam? Hal ini seperti ditegaskan Dumbledore (buku ke-6,hal.632) : “Tapi pertama tidak, Harry, bukan tujuh Horcrux, tetapi enam. Bagian ketujuh jiwanya, betapapun rusaknya, tinggal di dalam tubuh regenerasinya.”
  4. Bagi para pembaca yang mengetahui jawaban akan pertanyaan-pertanyaan ini, mungkin bersifat spekulatif, silakan meninggalkan comments.

5 thoughts on “Horcrux : Mungkinkah JK Rowling Salah Tulis?

  1. sebenarnya ada masalah “waktu” yang juga tak terjawab di Harry Potter, yaitu ketika Hermione memakai kalung yang dapat membuat dirinya melihat dirinya di masa lalu. Ada logika yang “ajaib” di situ, yakni ketika Hermione kembali ke untuk melihat dirinya yang lampau, berarti dirinya yang “kini” tetap eksis, dan mengikuti “takdirnya”. Dalam satu kala waktu itu, sebenarnya ada 3 Hermione. tapi ahh, namanya juga dongeng, “kesalahan” semacam itu kadang jadi mengasyikkan…

  2. Maksudnya Hermione 3 tu apa aja, Mas? Kan yang 1 dari rumah Hagrid, yang satunya yang mau menyelamatkan hipogriff dan Sirius, la yang satunya lagi siapa?

  3. I like your format, the truth that your webpage is actually a tad bit distinctive makes it so useful, I get utterly fed up of viewing the same stuff just about all of the time. I’ve I just chanced on this website by you Thanks a lot.

  4. 1. Kementrian sihir sebenarnya tidak bisa mendeteksi siapa yg menggunakan sihir, mereka hanya bisa mendeteksi dmn sihir sedang digunakan dan ap sihirnya. Nah, untuk kasus harry, kebetulan hanya harry penyihir di private drive dan dy dibawah umur. Makanya dy yg dituduh menyihir. Ketika ketahuan melakukan sihir patronus, harry memang sedang diawasi oleh kementrian sihir, dy diawasi oleh intel kementrian. Jd mereka tahu kalau harry melakukan sihir. Nah kejanggalannya justru ketika dobby melakukan sihir d rumah paman vernon, harry yg dituduh oleh kementrian tp knp ketika tonks yg menjemput harry melakukan sihir di kamar harry, justru tdk ad post burung hantu lg dr kementrian? Anyone know why?

  5. Untuk no3. Horcrux 1 buku diary riddle, 2. Liontin slytherin, 3. Cincin kakek voldermort, 4.piala hufflepuff, 5.diadem ravenclaw, 6. Basilsix, 7. Harry potter. Di buku keenam, dumbledore masih berspekulasi kalau ad 6 horcrux n masih mencari pembenaran bahwa harry juga merupakan horcrux. Karena belum ad yg pernah membelah jiwa sampai tujuh. Voldermort suka angka 7 (berdasarkan percakapan dengan sloghorn) n bermaksud membuat 7 horcrux meskipun dy tanpa sadar sudah menciptakan horcrux ke 7 ketika berusaha membunuh baby harry. Di buku 7 akhirnya dijelaskan bahwa spekulasi dumbledore tentang harry adalah horcrux itu terbukti. Ad penjelasannya kok.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s