Pempek Cek Ming


Kelezatan makanan khas Sumatera Selatan ini memang tak diragukan lagi bagi para pecinta makanan berbahan dasar ikan. Mutu pempek biasanya diukur berdasarkan cita rasa ikannya, yang menunjukkan banyak sedikitnya daging ikan yang diolah. Pempek dengan kualitas tinggi banyak memakai daging ikan tenggiri, sedangkan yang level pedagang keliling adalah tepungnya yang tinggi.
Di warung pempek Cek Ming yang asli Palembang ini ada beberapa jenis pempek, yaitu lenjer, kapal selam, dan peluru meriam. Kemudian masih ada lenggang, yaitu masing-masing jenis pempek tadi digoreng berbalut telur. Lenjer adalah jenis pempek tanpa variasi, yaitu masih bentuk dasar berupa lonjoran panjang. Kapal selam adalah variasi isi pempek yaitu dengan bentuk menggelembung di tengahnya karena berisi telur. Sedangkan peluru meriam berbentuk bulat-bulat kecil seperti peluru, setelah digoreng hasilnya mirip bakso goreng.
Kemudian masih ada jenis lenggang, yaitu pempek dari jenis mana pun di atas digoreng berbalut telur. Tentu saja harganya lebih mahal dibandingkan jenis awalnya.
Warung yang berlokasi di Jalan Veteran dekat kampus Akaba Untag Semarang ini dulu juga menyediakan tekwan, namun karena kurang diminati pelanggan akhirnya tidak dijual lagi.
Penulis mencoba pempek kapal selam yang seporsinya dihargai Rp 7.000,00.

pempek cek ming
pempek cek ming

Benar-benar terasa ikannya. Satu buah pempek berisi telur di dalamnya, dilengkapi mi kuning dan mi putih serta irisan timun ini disajikan dengan tepung ikan dan kuah cuka. Tepung ikan yang berwarna kecoklatan ini ditaburkan di pempek, suatu kekhasan yang tidak banyak dijumpai di pedagang pempek lain di Semarang.
Untuk jajanan khas Palembang dengan rasa ikan yang gurih, tujuh ribu rupiah saja betul-betul memuaskan hati.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s