Hiu Bakaran


Di kompleks kafe tenda Jl. Gajahmada, ada salah satu kafe yang menarik minat saya selagi beberapa kali lewat. Hiu Bakaran namanya. Jual hiu, nih, pikir saya. Nah, waktu saya ke sana, memang kafe ini menjual seafood yang kurang lazim. Kalau kepiting, kerang, udang, srimping, cumi, itu mah biasa. Ikan-ikan seperti kerapu, dorang, baronang, bawal, kakap juga biasa. Nah, bagaimana dengan ikan marlin, mahi-mahi, papakulu, tuna, salmon, dan gindara? Penasaran kan? Apalagi dengan menu utamanya yaitu ikan hiu?
Saya mencoba menu paket hiu bakar, sudah dengan nasi, lalapan, dan sambal.Minumnya melon juice special. Yaitu campuran melon, strawberry, dan madu.

Hiu bakar ternyata disajikan dalam dua potong ruas daging hiu entah bagian mananya, dengan lapisan lemak tebal di salah satu sisinya. Dagingnya standar ikan laut kok, hanya lebih kasar butirannya. Lemaknya sih kalau mau makan silakan saja, gurih tidak berminyak, hanya saja teksturnya liat sehingga perlu usaha untuk menggigitnya. Bumbu bakarannya enak, tidak berlebihan, dan meresap sampai ke daging ikan. Sambalnya tiga macam yaitu sambal trasi (merah), cabe hijau (hijau), dan matah (bawang merah + cabe merah).

Kami juga memesan kerapu bakar yang sama enaknya.

Terus sayurnya cah daun ginseng. Aneh kan? Daun ginseng itu bentuknya bulat-bulat lonjong , rasanya mirip kangkung tapi lebih kenyal dan gurih. Kuah cahnya juga sedap, ada rasa ikan2nya atau saos oriental gitu.
Harga :
paket hiu bakar + nasi 13.500
kerapu bakar 18.000 (tergantung ons)
nasi putih 2.500
ca daun ginseng 10.000
melon juice special 10.000

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s