Vote for TN Komodo!


<!– @page { size: 21cm 29.7cm; margin: 2cm } P { margin-bottom: 0.21cm } –>

Pembaca, tahu nggak kalau voting untuk memilih 7 keajaiban dunia yang baru versi online tengah digelar? Mmm…saya awalnya tahu dari baca koran juga si, di Kompas. Nah, saya teringat voting 7 keajaiban dunia yang lalu yang mengakibatkan Candi Borobudur terdepak dari gelar bergengsinya itu karena kalah voting di internet. Untuk menenangkan hati orang Indonesia, pemerintah mengumumkan Borobodur masih termasuk dalam 7 keajaiban dunia versi UNESCO dan ini penting banget karena lembaga internasional yang punya otoritas tertinggi untuk mengumumkan world heritage dan 7 keajaiban dunia masih UNESCO sebagai badan PBB. Oke sih, tapi untuk turis manca yang awam soal otoritas itu, yang dirujuk tentu saja internet. Popularitas di internet berbicara lebih banyak dibandingkan keputusan UNESCO. Kasusnya mirip dengan kontes idol-idol di TV. Kadang ketika finalis makin bersaing ketat, perang SMS pun makin gencar. Di era mass media sekarang ini, siapa yang populer menguasai informasi. Aku populer maka aku ada. Itulah mengapa voting 7 keajaiban dunia ini dianggap lebih mampu mewakili opini warga dunia daripada kategori UNESCO. Maka untuk tidak tertinggal dalam voting dan mengakibatkan TN Komodo bernasib sama seperti Borobudur, kunjungi situs www.new7wonder.com, daftar (register) dengan menggunakan alamat email. Setelah terdaftar, vote lah. Caranya ada 7 vote dan kita disuruh memilih 7 spot yang berbeda. Tapi benuanya boleh sama semua. Yang divotingkan kali ini adalah wisata alam, maka kandidatnya adalah objek wisata atau keajaiban alam di seluruh dunia.

Yang membuat miris pembaca, Malaysia juga mengajukan kandidat 7 keajaiban alamnya berupa pulau Sipadan! Andai para panitia voting itu menyadari bahwa pulau tersebut aslinya adalah milik Indonesia yang direbut dengan sejuta taktik dan perundingan negeri jiran itu. Bagaimana sih negara tetangga kita itu, kok bangga dengan barang “curian”?

Maka, marilah kita menang dengan terhormat. Vote for TN Komodo!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s