Digigit Tikus…Auw!


Kejadiannya sih Rabu, 30 Oktober 2009 kemarin. Waktu di kos, pada nongkrong rame2 trus ada tikus kecil, klo gak salah disebut curut. Eh pada minta aku nyingkirin, ya udah deh disingkirin. Pake engkrak ditutupkan ke badannya si tikus, n waktu dy dah gak bisa lari, langsung aku tangkep badannya. Eh waktu lagi mikir mau dibuang ke bawah yang ntar takutnya malah masuk ke rumah bawah n kacau, tau2 tikusnya kroncalan n merosot gitu jadi yang kepegang ekornya. Ya udahlah langsung dia bisa naik2 n gigit telapak tangan bawah jari kelingking gitu. Cuuuussss….bekas dua gigi. Action 1: cuci tangan pake sabun.
Gak ada betadine. Action 2: ke klinik. Dan oleh petugas kesehatannya dibilangin suru ke RS Banyumanik aja karena ga ada injeksinya di klinik. Action 3: ke RS sama Mamah. Dikasi Amoxycillin n antiinflamasi. Habis 66ribu.
Malem pertama (waduuuh…malem pertama) tidur pules gara2 antibiotik n antiinflamasi. Malem kedua bis jalan2 n makan2 jadian temen, koq meriang ya. Kirain lagi ga enak badan bis kena angin malem. Malem ketiga meriang lagi. Sendi2 ngilu2 ga kuat mandi tapi aku paksain mandi, masa mo gak mandi. Trus browsing.
Ternyata penyakit akibat gigitan tikus tuh banyak euy. Salah satunya yang gejalanya heboh demam gitu namanya sodoku.
Nah, di situ dibilangin kalo disebabkan oleh bakteri Streptobacillus moniliformis yang ada di tenggorokan tikus sehat. Kalo leptospirosis ato pes kayanya enggak deh, bis leptospirosis kan dari kencing tikus n pes dari gigitan tikus terinfeksi yang mestinya jarang coz di Tembalang gak ada kasus pes gitu, karena biasanya kan wabah besar black death.
Untungnya dah dikasih antibiotik, jadi aku rada tenang menjalani demam n meriang ini heheh..Yah doakan saja ya pembaca biar gak ada apa2 sama aq. Luv u all, peace. Gbu.

31 thoughts on “Digigit Tikus…Auw!

  1. 28 oktober 2009 skitar pkul 3.00 dini hari aq jga d gigit m tikuz jga,tp aq biarin dch,,gax m kasih obat,,
    mudah mudahan antib0dy yg ada jga cukup buat mnyerag bkteri yg ada pda tikuz it…Aamien…

    Hehehe

  2. semalem baru aja terjadi pertumpahan darah, antara gw ama curut dikamar gw,.yang sudah sangat mresahkan,.baunya yg kg enak,..bikin ga bsa tidur,..
    so,..bgtu si curut nongol, tanpa pikir panjang langsung gw terkam dengan modul kuliah gw,.
    ehh curutnya mental ke tangan gw, digigit 2x, di kelingking n di telunjuk,..
    wah,..langsung gw Banting tuh curut,..KO dah..
    Action 1= cuci pke sabun
    action2= kompres alkohol
    action 3= Betadine
    agak takut sih,.,.kira2 bahaya ga tergigit curut,.. cZ lumayan telak gw kna gigit…ampe darah netes2

  3. malam 2 lg nyenyak tidur..tiba2 aja jari kaki kayak kesenturm reflek aja ag bgn …dan ternyata ada curut ngacir lewat fentilasi jendela….ternyata jari kakiku di gigit curut,,,tp ag anggap curut mau bangunin buat sholat malam…ag langsung ngambil wuduk n langsung sholat…mudah2an dgn sholat terhindar dr semua penyakit …amin..

  4. Aq za br d gi2t ma curut, tiba2 ja lg tdr aq trkjut kirain ank ku trnyata tikus lari k smping. Gmn y.? Aq jd tkt da p2 coz dlm kndsi hamil.

  5. hah? u mean rats? Mmm…sama seperti saran saya di atas, capcuslah ke dokter, ato ke emergency, karena kita kan gak tau ya tikus makannya apa dan maen ke mana aja. Di holland sini ada tikus di dalem kamar aja orang udah pada komplain sana sini, apalagi di negara tropis ky Indo yg notabene saluran air kotor lebih terekspos. Smoga bermanfaat.

  6. haduh…bulan puasa baru 2hari,ada tragedi’nih,saya yang lagi tidur pulas..telapak kaki ku di gigit tikus,ampun deh..sakit banget,darah nya banyak..kontan saya langsung menggigil..yg saya lakukan 1.saya cuci tuh luka yg banyak darah nya 2.saya cuci lagi pake hidrogen(buat antiseftik) 3.langsung di kasih betadine 4 saya minum parasetamol,dan antibiotik.mudah2han tidak terjadi apa2 dngn saya.amin

  7. semalem jam 1 dinihari,adexku digi2t tikus,mpe gulung2 gaje cz katany sakit bgd, lsg dibw deh ke puskesmas…
    kalo tidur harus pake sepatu pa ya?

  8. barusan aja gw digigit tikus got kira2 jam 1 malam. tiba2 aja kaki gw ngrasa nyeri trus gw bangun ternyata ada tikus got lari. trus gw langsung browsing cari info. setelah baca komen2 temen2 di atas. ada gak yang sudah lama tergigit trus apa akibatnya sampai sekarang? kalo misalkan dibiarin aja ngefek gak yah? duh… jadi gak tenang deh mana beberapa minggu lagi mau Sidang TA. tolong dong ADMIN atau komentator diatas bersedia memberikan nasehat, saran dan pengalamannya. terimakasih sebelumnya.

  9. saya td pagi digigit tikis jari manis kanan,diksur pula,berdarah
    ,tp blm dikasih ap2 moga2 tidak terjadi apa apa ya…

  10. aq jga digigit tikus gede.. lagi tidur pas bangun lengan kanan sama kaki langsung brgaret.. aku langsung takut kalo itu tetanus coz udah semi nggu koreng q blm sembuh juga… baca di google gejalanya sesak nafas. perut keram.. Mudah2an aja bukan tetanus.. Ya Allah

  11. Saya barusan tadi digigit oleh curut, sempet takut sh, saya takut kena rabies😦
    Trus saya bersihkan pake air mengalir, saya kasih sabun, trus saya kasih betadine, kemudian saya ke bidan terdekat dan saya di bilang tidak apa apa krna tidak berdarah.
    Semoga kita semua baik baik saja ya friend🙂 aaamin ya Allah

  12. Tdi mlam kaki saya di gigit tikus, saya gak tau itu. Besok paginya saya lihat kaki kiri saya penuh dgn darah, sdangkan kaki kanan smua kukunya dimakan, jadi kalau di biarkan akan infeksi

  13. Hadehh sama deh…td malem tidur pules..mimpi digigit anak kecil tuhh sakit bgt ni telunjuk kiri…pasa bangun uda berdarah :'(nyeehhh tikus apa curut gitu arrrrgggghhhh kira2 gimana yaaa? Gpp kahhh -_-“

  14. saya kira kira jam stgah 4 pagi terbangun karna ngerasa tangan sakit, pas bangun liat jari manis ngeluarin darah sikit, dan ada luka sobekan kecil banget, eeh ternyata digigit tikus . langsung deh aku kekamar mandi cuci tangan pakek air bersih dan ngeluarin darah yg mau kluar sikit lagi . aku cuci juga pakek sabun . krn masi pagi buta gak mgkn ke klinik sprti yg mas anjurkan . apakah tidak apa2 mas?

  15. Gimana nih sob….. Aku baru saja digigit tikus clurut tapi cm luka kecil. Bahaya gak. Pengalaman yang sudah digigit gimana. Perlu berobat tidak. Atau beli di apotek sendiri. Apa obatnya sob.. .. Terimakasih.

  16. Sama nih sy jg hbis digigit tikus ampe kuku saya tembus kedalem krn gigitannya…3 gigitan yg ckup dalam..darah ketiga luka itu mngalir seras..dan untung ada saudara yg bantuin ksih solusi sprri diatas..darahnya kupencet terus smpai gg tahan spya gg infeksi ke dlm darah..smbil cuci pd air mngalir..dan diolesin betadine lalu diperban..cmn antibiotik aja yg blm diminum..mudah2an gejala demam dan sbgainya gg trjdi ya guys..doa in ya buat kta smua.

  17. kalo gue kmarin pas kira2 jam 5 sore gue denger ada suara curut. pas gue liat tenyata curutnya dkat gue. langsung aja gue hajar pake kaki. eh ternyata mleset curut itu langsung nyrang gue kena deh jari kaki gue di gigit ampe brdarah rasanya sakit nyut nyutan untung aja curutnya ko..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s