Sharing Ide Kaderisasi Achievement


Buat temen2 07,08,09 (2010 kaga usah coz belum kenalan juga heheheh…, mbaknya sensi amat mentang2 gak jadi dewan angkatan lagi), saya mau sharing2 soal pengalaman 3 taun di tekim undip. Kalo soal organisasi, tentu aja ada yang lebih senior dibanding saya, dan soal achievement akademis juga masih ada yang lebih banyak achievementnya daripada saya. Tapi berhubung saya merasa kaderisasi achievement, baik itu organisasi leadership ato akademis di tekim masih kurang, jadi saya ikut urun rembuk dan bantu mempersiapkan ini dari sekarang. Tiga hal yang mau saya sharing di sini tuh pengalamanku jadi EDMATer, pembicara FT soal PKM n riset, dan double degree.

  • EDMAT

Syarat2nya tuh TOEFL dan CV in English, plus sertifikat2 kita dikumpulkan di dekanat. Trus ada tahap seleksi interview oleh 3 interviewer, 2 mengenai pertanggungjawaban CV kita n special ability, 1 interview in english (by Dr. Andri CK). Basically, kalo kamu aktif di organisasi ato pernah punya achievement ekstrakampus ato punya GPA bagus bisa koq, ga harus debater2 kelas kakap. Yang penting, untuk interview apapun, kalian harus pede. Contohnya waktu wawancara ma pak dosen industri maaf lupa namanya, beliau tanya, kamu bisa entertainment apa (coz di edmat ada sesi kita perform), saya jawab nari pak (bodo amat saya terakhir kali perform nari bali waktu SD, tapi jujur saya memang pernah les nari dan ada sertifikatnya lho ^_^). Trus jangan pernah ngomong English dengan logat medok jowo, coz Dr Andri (dan saya juga) gak suka denger orang kaya gitu. Practice to pronounce well. Jangan plegak pleguk (apa yah bahasa Indonesianya) pede aja seolah2 kamu seorang debater yg biasa public speaking in English, padahal gak segitunya juga kan?

Trus waktu EDMAT-nya (ini saya tulis ringkas n point2 aja karena kamu juga butuh info dalam waktu singkat, gak bertele2), usahakn kamu tampil. Tampil maksud saya adalah menonjol, baik dari berani duduk paling depan (jujur orang Melayu minder melakukan ini), berani bertanya, berani menjawab. Kalian pernah dilatih di LKMM PD, bawa itu keluar negeri juga, biasakan berani n aktif. Kalau saya waktu itu memang paling aktif di antara delegasi Undip lainnya, karena saya benar2 antusias terhadap training ini, beda gitu lho ma motivation training yg pernah saya ikuti. Dan 1 hal lagi, mingling. Mingle dengan peserta lainnya, dan dengan OC juga, mungkin itu salah 1 alasan saya berhasil menjadi Best Participant juga. Tunjukkan kharisma, wibawa, simpatik, dan antusiasme. Orang asing sekalipun akan suka berteman dengan orang2 yg penuh semangat seperti ini.

  • PKM speaker

Kalo yang ini namanya kejatuhan durian runtuh dengan asal muasal nggak jelas ^_^. Lah saya tuh menangnya LPMTK, bukan PKM apalagi PIMNAS, tapi disuruh jadi pembicara n motivator kaderisasi PKM tingkat FT lagi. Tapi mungkin itu hikmah orang pede n nekad juga hehe. Yang jelas, ketika jadi pembicara, apapun itu (walaupun nyasar ruangan juga), tunjukkan kamu tuh profesional, bawa nama tekim. Di sana yang saya lakukan adalah share pengalaman menulis PKM, mulai dari ngikut kelompoknya Mba Heny (mungkin ketularan double degree dari situ juga, jadi kelompok PKM saya 2008 saudara Arkie n Iqbal semoga ketularan, Amin. Tapi gak tau juga ketularan pa gak, soalnya PKMnya gak didanai DIKTI, kalo dulu ma Mba Heny kan didanai..Hehe..). Trus pengalaman bikin PKM gak tanggung-tanggung 3 proposal dalam 1 periode (dengan partner riset saya tentunya, dan dosen2 muda kelas wahid di tekim) tapi kalo emang gak rejeki yah gak keterima baik itu PKMP, PKMT, n PKMGT. Jangan menyerah!! Bahkan sedihnya, karena saya pikir duo partnership kami saat itu selalu sial di PKM, akhirnya saat PMW kami memisahkan diri dan membuat kelompok PMW masing2. Dan kelompok PMW saya saat itu orang2 keren di FT, ternyata…apes sial lagi dah. Ternyata memang kamilah pembawa sial itu jadi gak cocok di kelompok manapun hehehehhe… Tapi ada hikmah lagi lho, karena waktu itu PKMGT kami pembimbingnya Dr Hadiyanto yang baru pulang dari Holland, di saat semua mahasiswa masih bertanya2 Pak Hadi tu yang mana sih, kami sudah dapat asistensi PKM hehehe…dan poin plus ditawari bantuin SRKP 2010, yang tanpanya mungkin saya gak akan berkesempatan ketemu keynote2 ngetop termasuk di negeri tempat saya belajar nanti. Terima kasih banyak Pak, sampai jumpa di Belgia.

  • Double degree

Kalo yang ini melalui jalan panjang berliku, nyaris saya gak ikutan. Waktu wawancara double degree di dekanat dengan Mr. J.M.Krop itu sebenernya saya gak hadir lho saudara2, karena waktu itu kan deket2 EDMAT dan saya harus nyelesein lab OTK sebelum brangkat ke malaysia (screw it lab OTK!!!), jadi saya harus praktikum OTK seminggu dua kali dan masih ditambah kompros (silakan adik2 08 membayangkan sendiri, sampe diledekin temen2, ngit kok tiap hari ada di lab si). Nah sepulangnya dari EDMAT saya ditelepon oleh Bu Tina, beliau representatif univ2 di Belanda dengan Indonesia, apakah saya masih mau ikutan. Saya pikir kesempatan utk saya tertutup karena gak ikut wawancara, tapi puji Tuhan pihak Belanda masih mau menunggu saya karena ada rekomendasi dari Kajur. Oiya makasih juga  buat Sdr Cahyo karena sudah menyampaikan motivasi dari Pak Abdullah jadi saya memantapkan hati untuk minta rekomendasi beliau. Nah, berhubung lewat jalur bypass tanpa wawancara, jadilah persyaratan yang harus saya kirimkan bertambah banyak, misal harus membuktikan TOEFL saya, transkrip lengkap, motivation letter (semacam surat lamaran), dan rekomendasi kajur dan dosen wali, itu semua untuk melamar aplikasi beasiswa HSP (Huygens Scholarship Programme). Proses aplikasi untuk daftar univnya yaitu The Hague University tidak sesulit daftar beasiswa karena hanya mengirimkan dokumen seperti ijazah SMA in english (minta lembaga terjemahan tersumpah), daftar online via studielink. Tidak sesulit yg dipikirkan. Kalau aplikasi beasiswamu goal, nah baru itu positif berangkat, coz bagi saya tidak mungkin mendanai sendiri ke Holland ratusan juta, dan saya gak diizinkan ortu untuk pinjem bank.

Follow Up untuk Kegiatan2 di Atas:

  • sebenernya pernah ngobrol2 ma Pak Syafrudin mengenai follow up edmat, yaitu alumni EDMAT Indonesia akan mengadakan ospek maba secara mengadaptasi EDMAT, yaitu training2 engineering selama seminggu, dan itu memanfaatkan gedung asrama mahasiswa yang baru. Namun karena alumninya pada sibuk sendiri2 (termasuk saya, Nadya, n Theo yang malah sibuk ngurusin double degree masing2) jadi masih pada tahap wacana. Padahal tipe kaderisasi kaya gitu penting banget untuk mengganti (ato menekan) kaderisasi di beberapa jurusan FT yang (maaf) parah banget.
  • PKM, entah kenapa jurusan kita termasuk yg menggilai prestasi soal PKM. Walaupun saya jd motivator utk jurusan lain, tapi jujur miris juga kenapa harus PKM? Bukan karena saya gak lolos ato apa, tapi sharing2 dengan beberapa dosen pembimbing PKM juga (bukan barisan sakit hati kok), topik yg menarik tdk selalu didanai dan topik yg didanai tdk selalu menarik. Ada banyak ksempatan selain PKM teman2, termasuk SRKP juga (bukan nyombongin SRKP lho…heheh). Dari segi scientific, kalo anda berminat ke scientific research silakan ikut proyek2 dosen yg sering dilombakan utk prestasi ilmiah, ato sekali waktu cobalah ikut LKTIM. Intinya, banyak lomba koq teman2.
  • Kompetisi non-riset. Temen2 saya di FT banyak yg ikut kompetisi nonFT dan non-riset misalnya Trust Danone, IVED, debating apa gitu, PMW (kalo ini banyak tekim juga), GMUN, HNMUN, CSL, Bayer, EDMAT segala kemaren dari tekim yg ikut seleksi cuma saya, mas Suryandaru, ma Dita 07. Cobalah mengasah English n public speaking di lomba2 nonteknik karena itu jadi nilai plus jg buat kita. Saya sih gak berencana terlalu dalam di akademis jadi buat saya penting juga untuk mencoba hal2 nonakademis. Saatnya anak tekim juga melirik hal2 nontekim. Saya percaya kalian bisa.

Epilog

(Gaya amat nih mbaknya pake epilog2an segala). Saya pernah ngobrol dgn seorang teman di kantin KA dan diskusi sore itu meaningful banget, intinya, anak2 tekim tuh berpikir lempeng banget. Masuk, kuliah lulus cepet cumlaude, trus kerja di Pertamina lah, Chevron lah, BP lah, Unilever lah, Nestle lah, pokoknya as chemical as you can. Nah, tekim tuh jadi kaya jalan tol, kamu boleh berhenti2, mampir2 di toko kiri kanan, lama ato sebentar, tapi pada akhirnya kamu harus jalan lurus sebagai seorang chemical engineer (kalo ini mirip definisi kolom kromatografi deh, pemisahan berdasarkan afinitas solute terhadap bed– OK STOP IT LANGIT THIS IS NOT A LECTURE NOTE!!) Buat temen2 yang pernah aktif di BEM ato ikut kegiatan2 tingkat FT pasti mengerti dan paham bahwa banyak temen2 engineer di jurusan lain tidak selempang kita hidupnya, mereka ada yg buka bisnis, ada yg ikut kompetisi2 nonakademis, etc. Mungkin karena jalur mereka masih nggrambyang ato belum fokus, tapi menurut saya sekalipun tekim sudah sangat terfokus pada petrochemical, food n energy yang tiap tahunnya lulusannya masih dilirik orang, tetap teman2 wajib mencoba hal2 di luar itu. Alasannya sederhana, temen2 kuliah di tekim 4 tahun, dapet ilmu apa aja di situ? Perancangan menara? Pernah gak pengen dapet soft skill yang keren, kesempatan ke luar negeri gratis (gak gratis2 amat seh), temen2 seperjuangan? Hingga nanti lulus jadi engineer yang komplet, not as plain as a paper? Sekali lagi itu pilihan hidup, kalau anda lebih suka belajar2 n mendalami tekim tok banget2 ya monggo, mau hidup mengalir tok ya monggo, tapi keberanian dan kenekatan, serta keinginan tampil beda itulah yang banyak menyelamatkan hidup saya, yang membuka saya ke ksempatan2 yg bahkan dulu pun ngimpi keluar negeri pas masih kuliah pun enggak. Dare to dream, dare to work hard, dare to be a winner!! Teknik Kimia Jaya!!

    4 thoughts on “Sharing Ide Kaderisasi Achievement

    1. mba langit,, i really apreciate u.. and really admire u.. not just becoz of what u have reached but more about the way u face this world.. ur mind about ur out of the box..
      (bukan bmksud nggaya pake bhs inggris,, just wanna improve my english like what u’ve ever said to us at CEEC)
      hehehe
      smoga juga ktularan byk ksmpatan dapet pngalaman bru yg bnr2 out of the box,, gr2 kmren ikutan kesekretariatan srkp..hehehe,,aminnn…

    2. oke lah ngit..ntar pas tgl 18..
      kt ktmu, kt bhs ya..
      bs khn?
      soalnya ini ttg kaderisasi khn..
      baguslah kalo km pny mimpi yg indah akn tekim kt..
      dan jgn jadikan it hny sbg mimpi ngit..oke?

    Leave a Reply

    