Beginilah Jika Food Engineer Bikin Resep Functional Food…


Tumis Brokoli Tauge

Well sebagai seorang perantau, hidup sendiri, masak pun sendiri (kalo ada warteg lain cerita), maka otak pun dituntut kreatif dalam menciptakan menu berdasarkan apa yang ada di fridge (refrigerator alias kulkas, alias lemari es). Naaaa…. berhubung kalo belanja sayur, beli yang dikit pun pasti akan kelebihan kalo hanya untuk satu porsi masakan, maka selama beberapa hari bahan makanan itu akan diolah dalam berbagai variasi supaya tidak bosan (ga mungkin juga donk simpan sayur2an berhari-hari untuk dimasak minggu depan, bahaya busuk dan kalopun gak, sudah gak segar lagi untuk diolah). Jadi karena minggu ini temanya adalah aneka menu brokoli, saya posting satu resep lagi setelah brokoli yang dulu-dulu (baca Original Recipe from Chef Langit), ini yang sedikit lebih canggih: tumis brokoli tauge.

Berhubung bidang yang sedang saya pelajari adalah functional food (haizzzz…masih aja ngomongin kuliah), apa si kandungan yang keren dari resep ini?

  • brokoli
  • tauge
  • daging sapi
  • tahu/tofu

Mari kita ulas satu per satu, tentunya dengan gaya yang ringan dan bermanfaat bagi semua.

Brokoli

Brokoli kaya vitamin C,K, dan A. Brokoli juga mengandung serat, dan zat antikanker, seperti diindolylmethane dan selenium. Satu takaran saji (brapa yah satu takaran saji itu) mengandung >30 mg vitamin C, dan setengah cup mengandung 52mg vitamin C. Brokoli juga mengandung senyawa glucoraphanin yang dapat diproses ke senyawa antikanker sulforaphane. Dalam keluarga brassicae, brokolilah yang mengandung karotenoid terbanyak, termasuk lutein dan betakaroten (jadi keinget penlit saya tentang lycopene yang merupakan karotenoid). Asupan brokoli dapat menurunkan risiko kanker prostat (tuh dengerin yang cowo2), dan dapat mencegah penyakit jantung. Source (aduuuh kaya bikin report aja, ya harus donk, harus dipertanggungjawabkan sumbernya, Broccoli-Wikipedia).

Tauge

Tauge mengandung vitamin C, folat, dan protein yang memperkecil risiko penyakit kardiovaskular dan menurunkan LDL dalam darah. Yang bikin saya shock, tauge mengandung senyawa2 mirip dalam tempe, semisal isoflavone daidzein dan genistein, terus saponin yang berfungsi meningkatkan imunitas tubuh, dan tak lupa fitoestrogen (jadi apakah kesamaan antara kedelai dan tauge? Kenapa kandungannya sangat sangat mirip?) Fitoestrogen ini sangat baik untuk wanita menopause karena dapat mencegah osteoporosis dan lain2 syndrome menopause (saya juga ga paham coz blum mengalami hehehehe). Tauge-Wikipedia Nah kalo manfaat kesuburannya ya…sebenarnya karena tauge mengandung vitamin E (kandungannya brapa siiii…susah di internet nyarinya) yang berfungsi pendukung fertilitas dan melindungi spermatozoa dan ovum.

Daging Sapi

Oke singkat saja, dia mengandung seng, yang membantu pematangan sel telur wanita dan membantu pembentukan dan pergerakan spermatozoa pada pria. Tentunya konsumsinya harus dibatasi, karena mengandung kolesterol dan animal fat. Tapi karena saya seorang wanita bergolongan darah O yang oleh diet dianjurkan makan daging merah (lean meat) ya oke2 saja.

Tahu/Tofu

Karena derivative kedelai, tentu saja dia masih mengandung fitoestrogen dan isoflavone, namun dalam jumlah yang tak sebanyak tempe. Manfaat isoflavone dan fitoestrogen sudah dibahas di section tauge di atas hehehe…

Jadi…bumbu-bumbunya adalah:

(saya gak pake takaran, secukupnya aja porsinya, maklum anak kos, yang penting masak enak bergizi hahaha…bukan nutrient consultant)

  • kecap asin
  • tepung maizena
  • merica
  • saus tiram
  • bawang putih

Cara membuatnya:

  1. Buat marinade daging. Marinade adalah merendam atau membumbui sesuatu tanpa dimasak. Daging dilumuri tepung maizena 1 sdt, kasih merica dan kecap asin. Diamkan 30 menit.
  2. Bawang putih diiris halus. Saya cuma pake 1 siung, kalo  mau discale-up (jiaahhh….chem eng abis bahasanya, kan masih tema functional food hehehe), silakan tambahkan sendiri. Tumis.
  3. Masukkan daging marinade, tumis hingga harum.
  4. Masukkan brokoli, tauge, tahu yang diiris dadu.
  5. Tumis sampai matang (brokoli jangan terlalu lunak).
  6. Variasi lain: dapat ditambahkan cabai untuk rasa pedas, atau ditambahkan daun bawang rajangan halus.

Jadi kesimpulannya…functional food tumis brokoli tauge ini, selain menyediakan vitamin C, juga fitoestrogen dan antioksidan. Dan terutama dapat membantu meningkatkan kesuburan Anda hihihihihi…gak salah kan saya disekolahin Food ampe ke belande…

Tot ziens. Nantikan resep saya berikutnya.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s