Appel Pannenkoeken Recipe


Well, setelah blogwalking kesana kemari dan nemu resep untuk crepe isi apel, saya tertarik untuk memodifikasinya menjadi appel pannenkoeken alias pancake isi apel, karena di Belanda ini memang pannenkoeken lebih lumrah daripada crepe.

Bahan-bahannya mudah didapat dan ada semua di AH a.k.a Albert Heijn, supermarket kebanggaan warga Belanda, yang tersebar di setiap penjuru kota persis gaya2 Alfamart n Indomaret lah. Bedanya di sini AH tidak mematikan toko kelontong, habis gak ada toko kelontong :DDDD adanya toko Asia, yang tetap hidup karena barang2 masakan Asia kan memang tidak terlalu komplit di AH. Oia kalo di resep ini saya mencantumkan merk gapapa yah, fyi, saya pelanggan Euroshopper tapi gak semuanya saya pake Euroshopper kok hehehe…

Ok, jadi resepnya membutuhkan (beserta gambar dan harganya sekalian):

  • Pannenkoeken siap pakai
0,89 e
  • Whip cream
0,89 e
  • Apel fuji dan jeruk limun
Apel isi 4 2,29 e 

Limoenen isi 2 0,99 e

  • Gula halus
Van Gilse poeder suiker 0,58 e
  • Bubuk kayu manis (kaneelpoeder)
1,39 e
  • Gula pasir
  • Butter untuk menumis

Ok sekarang mulai memasaaaaaakk ^_^.

Steps:

  1. Kupas kulit apel, buang bagian tengah, terus dipotong kecil-kecil.
  2. Siapkan wadah berisi air dan diberi air perasan jeruk limun untuk mencegah browning pada apel. Alasannya kenapa, chemical/food engineer pasti tahu hehehhe…mencegah oksidasi.

  3. Panaskan butter di pan, terus kalau sudah meleleh, masukkan apel yang sudah dipotong-potong. Beri gula secukupnya dan taburi bubuk kayu manis secukupnya (ini masalah selera rasa manis jadi sulit juga menakar). Kalo saya, prefer untuk satu buah apel fuji, gulanya 3 sendok teh dan bubuk kayu manisnya 2 sendok teh, namanya juga kayu manis, pasti rasanya sudah manis.

  4. Aduk-aduk sampai mengental dan menyerupai caramel. Apel akan lunak dengan sendirinya dan bumbu pun meresap. Kalau suka rada2 gosong caramel ya menumisnya agak lama biar makin pekat.
  5. Naaaa sekarang tata pannenkoeken di piring saji. Tuang tumisan apel di masing-masing pannenkoek. Fyi, pannenkoek adalah bentuk singular, sedangkan akhiran –en menjadikannya plural. Jadi untuk plural, namanya pannenkoeken.

  6. Gulung, hati-hati jangan sampai sobek. Tapi tergantung merk juga si. Kalo euroshopper ini sih emang berhubung murah2 gitu jadi yaaa…masih kalah dikit ama produknya AH. Terus taburi gula halus dan tambah whip cream. Voila, this is it! De appel pannenkoeken van DSL ^_^. Eet smakelijk.

2 thoughts on “Appel Pannenkoeken Recipe

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s