Litani untuk Lima Bulan


Bapa, terima kasih atas hari-hari yang Kauberi

Atas langkah-langkah akhir menjelang kelulusanku

Sudah banyak peristiwa yang terjadi selama lebih dari setengah tahun hidupku di sini

Suka, duka, melihat hal-hal baru dan indah, serta menghadapi pahitnya kehidupan

Semua yang kulakukan sendiri, dengan tiada seorang pun yang menyertai

Hanya diriMU, hanya kasihMU

Namun, malam ini, hambaMu yang kecil dan tak berarti ini, ingin mengadu

Akan malam-malam panjang penuh penantian yang tak kunjung usai

Akan waktu-waktu penuh tangis yang tak terucap

Bukan berarti saya tak bersyukur, saya justru bersyukur atas semua ini

Atas kesempatan, atas beasiswa, atas anugerah yang tak semua orang mampu mendapatkannya

Namun di kala jenuh, sedih, dan rindu melanda

Kembali hati ini bertanya:

Apalah artinya kumiliki seluruh dunia, jika pada akhirnya tak seorang pun untuk kubersandar?

Apalah artinya harta melimpah kaya di mata namun miskin di hati?

Apalah artinya sederet prestasi yang kuukir jika tiada sahabat kumiliki?

Bapa, saya tidak memohon seorang sahabat seperti Engkau menurunkan malaikat dalam sekejap mata di hadapanku

Saya juga tidak memohon lima bulan berlangsung cepat sekelebat, karena itu berarti melanggar hukum jarak dan waktuMu

HambaMu ini hanya memohon kekuatan

Agar lima bulan ini berlalu dengan sisa-sisa pengalaman indah di Belanda

Agar dapat kutemui lagi orang tuaku, sahabat dan kekasihku

Hanya lima bulan Bapaku, lima bulan yang penuh senyum

Lelah saya menutupi tangis kepedihan dengan ketegaran

Keputusasaan dan kehilangan semangat dengan senyuman kepalsuan

Saya hancur

Remuk tak berbentuk

Tanpa jiwa

Saya tak seperti mereka yang mampu bertahan

Maka dengan sisa-sisa kekuatan dan pengharapan

Kumohon, bantulah saya melewati lima bulan ini

Atas semua masalah yang datang di pekerjaan, bantulah saya menyelesaikannya

Atas semua cobaan terhadap hubungan antarmanusia, berilah kami kesadaran bahwa sebentar lagi kami akan bertemu

Atas semua godaan untuk tetap tinggal, ingatkanlah saya betapa berharganya keluarga dan orang-orang yang saya cintai

Dan pertemukanlah kembali kami dengan indah

Dengan senyum

Amin.

 

2 thoughts on “Litani untuk Lima Bulan

Leave a Reply

