Prosedur Pulang For Good


Dear all,

Untuk para student Indonesia di Belanda yang mau pulang for good, atau hanya ingin legalisir ijazah, berikut step-by-step nya beserta biaya.

Legalisasi Diploma

Nah, ini step terpenting supaya diploma kita yang diterbitkan di Belanda dapat diakui di Indonesia atau di negara2 lainnya. Pertama, saya ulas step by step legalisir untuk negara kita tercinta, NKRI. Setelah itu saya bahas tahap legalisir untuk Australia, negara tujuan master saya jika dapat scholarship (Amin. Semangat!!!)

  1. Pertama, kirim email ke DUO dengan alamat ks.dw@duo.nl untuk mengajukan permohonan legalisir diploma. Attach soft file scanned diploma dan list of grades (boleh lebih, misalnya dokumen international diploma supplement, tapi tanggung sendiri bayar mahalnya ntar hehehe…duit mengintai di mana2)
  2. Officer akan memverifikasi diploma kita dalam beberapa hari kerja
  3. Setelah mendapat reply dari officer nya mengenai oke diploma kita sudah terverifikasi, kita akan diundang untuk ke kantor DUO yang merupakan kantor dalam Ministerie van Onderwijs, Cultuur en Wetenschap. Kantor ini di Groningen, alamatnya Kempkensberg 12, Groningen. Naik bus no 8 destination station Noord, turun di halte Kempkensberg. Yang perlu dibawa: dokumen asli yang mau dilegalisir
  4. Terus yaudah di kantor itu dengan loket dan antrian, sampai diploma dan list of grades kita distempel legalisir oleh DUO. Biaya 6euro per dokumen.
Step 1-4 klaar, berikutnya terjadi percabangan. Yaitu untuk Indonesia dan Australia.
Indonesia
  1. Ministry of Foreign Affairs, di Bezuidenhoutseweg 67, Den Haag. Gunanya untuk mengesahkan properti dan status hukum Belandanya. Ga usah afspraak. Let op! Service nya cuma dari jam 09:00-12:30. Singkat padat dan jelas kan? Biaya 10euro per dokumen.
  2. KBRI Den Haag, ga usah afspraak. Bagian konsuler di lantai 2. Servicenya dari jam 09:00-13:00. Ditinggal, diambil jam 15:00-16:00. Biaya 20 euro per dokumen. -__-
Australia
…dan negara2 yang terikat dalam Convention Den Haag, menggunakan istilah Apostille.
  1. pergi ke Groningen court. Jadi ini lebih baik diurus pada hari yang sama dengan mengurus ke DUO. Naik bus no 5 richting Paddelpoel dari halte Kempkensberg, turun di Nieuwekerkhof. Nama bangunannya Gerechtgebouw.
  2. Tidak perlu antri berjam2, setengah jam selesai. Biaya 18euro per dokumen.
  3. Selesai stepnya sampai di sini, jadi tidak perlu Kemenlu dan embassy.
Syarat Lapor Diri Pulang
Seperti halnya saat pertama kali menjejakkan kaki di Belanda wajib mengurus surat lapor diri ke KBRI, begitu pun saat pulang. Bedanya, kita juga perlu mengurus ke Gemeente. Berikut akan dibahas.
Gemeente masing2 kota
  1. Ke Gemeente, ke receptionist bilang mau ngurus Uitschrijven. Yang perlu dibawa: paspor dan verblijf.
  2. Di loket, sebutkan tanggal as of nya kamu mau status kependudukan kamu dicabut dari The Netherlands. Kalau saya pilih tanggal saya sampai di Indonesia, alias sehari setelah departure.
  3. Officer akan menerbitkan uitschrijven itu. Biaya gratis.
KBRI (agaiiin…)
Di rumah, visit http://imigrasi.indonesia.nl/ dan ikuti petunjuk selanjutnya. Print, tempel foto. Bawa ke KBRI. Dokumen yang perlu dibawa: fotokopi paspor depan belakang, form pulang habis, dan uitschrijven.
  1. ambil nomor antrian paspor di bagian imigrasi (lantai 1).
  2. Serahkan formulir, fotokopi paspor, dan uitschrijven (kopian aja, aslinya dibawa).
  3. Beres deh. Gratis.
Jika ingin meminta diskon shipping seperti yang disediakan IndoTurka kalian boleh mengurus surat membawa barang pulang, juga di KBRI. Persyaratannya sama seperti lapor diri pulang, tetapi karena ada surat yang diterbitkan, perlu membayar 10euro. Efeknya adalah diskon 20% dari total biaya. Hanya saja, karena di Indoturka saya cuma pake 2 box @30euro = 60euro, diskon 20% itu tidak terasa karena harga akhir = 80% * 60euro = 48 euro, ditambah biaya ngurus surat itu tadi 10euro, jadi akhirnya 58euro. Ga jauh beda antara diskon dan enggak. Jadi saya nggak ngurus surat bawa barang pulang.
Jadi, buat teman2 yang tidak tinggal di Groningen atau Den Haag, supaya efektif dan ngirit ongkos serta waktu, stepnya adalah:
  1. ke Groningen menyelesaikan urusan DUO dan atau Court.
  2. ke Gemeente masing2 kota untuk meminta uitschrijven.
  3. mengisi form online imigrasi KBRI dan menempel foto, serta memfotokopi passport.
  4. ke KBRI Den Haag untuk lapor diri pulang sekaligus legalisir diploma.
Total biaya saya habisnya (transport excluded):
2 dokumen di DUO, Court, dan Ministry of Foreign Affairs = 2*(6+18+10)=68euro.
1 dokumen (diploma saja di KBRI abis mahal gila) = 20euro.
Total = 88euro.
Tot ziens.

4 thoughts on “Prosedur Pulang For Good

    1. Yup. You too? Wow…I wonder if I can meet my blog readers or fellow Indonesian students abroad offline. Hahahaha…pretty good that internet can connect us everywhere n everytime, yet the offline method of meeting is still required. ^_^

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s