My Muse

Home Design: Home Features


Dear readers,

Siapa yang suka buka-buka Pinterest nih? *raise my hand up* Saya suka banget loh buka Pinterest, hampir tiap hari, karena pinnya eye-catching. Saya tipe visual, jadi informasi agar dapat nyampe ke saya dan ngena, harus disajikan dalam bentuk visual. Jelas bahwa infografik, snapshot, tabel, image, etc menarik perhatian saya dan lebih mudah saya tangkap dibandingkan bentuk informasi lainnya.

Di Pinterest, salah satu board yang saya buat adalah tentang desain interior rumah. Walaupun tidak semua pin yang saya lihat saya save di board itu, saya sempatkan untuk snapshot pinnya supaya bisa saya lihat-lihat di album iPad saat offline. Fungsinya, agar bisa melihat-lihatnya sebagai inspirasi kalau pas mau beli aksesoris rumah atau cuma ingin gali inspirasi di tempat lain. Board saya yang lain…soal wedding (udah lewat hehehe), “touchy” untuk galeri pin tentang anjing atau quote yang menarik, “projects to try” untuk kumpulan DIY, “skincare and makeup” as pretty self-explanatory.

Salah satu ide yang saya terjemahkan ketika mendesain rumah adalah open kitchen. Suami juga setuju masalah open kitchen karena rumah orangtuanya juga ada konsep demikiannya, jadi open kitchen bukan sesuatu yang asing lagi. Sebetulnya, open kitchen itu sangat mudah loh untuk diwujudkan di Indonesia. Negara kita ga bersalju, jadi tantangan alam saat menggunakan open kitchen paling cuma hujan, dan itu pun bisa disiasati dengan teknik bangunan yang sudah lama dikenal orang Indonesia, yaitu atap yang menjorok ke saluran air di lantai dan jarak yang cukup untuk menghindari “tampyas” atau cipratan air. Secara ekonomis, open kitchen juga membantu mengurangi konsumsi listrik, karena dengan adanya sumber cahaya yang melimpah dari sinar matahari, otomatis kita tidak perlu menyalakan lampu di siang bolong. Ada loh, dapur yang kondisinya terjepit berbagai ruangan dan jadinya malah gelap kalau tidak menyalakan lampu, atau mesti dibantu dengan atap fiberglass transparan demi masuknya sinar matahari, yang tidak terlalu terang juga jadinya. Selain itu, karena dapur terbuka, hawa dan angin dapat masuk dan keluar leluasa, jadi kita bisa menghemat pengeluaran untuk kipas angin atau bahkan AC di ruang makan.

Ini nih foto open kitchen saya, dapur merangkap meja makan. Maap jemuran di belakang jadi kefoto hehehe.

photo-1

Selain itu, yang bikin ngiler dari Pinterest adalah pin tentang cara mendekor ruang tamu, ruang tidur, atau study room. Bahkan ada yang laundry roomnya didekor segala. Untuk rumah kecil macam kami punya, memang jadi tantangan bagaimana menata rumah agar terlihat rapi dan menarik, syukur-syukur kalau bisa terlihat mahal. Untuk terlihat mahal, memang harus berani merogoh kocek lebih dalam sih, karena furniture yang dibeli juga ngga bisa ngasal. Theme-nya harus seragam, sofa, karpet, kordennya lebih mahal dari jenis yang lain. Kelihatan loh kalau sesuatu murah atau mahal. Nah, karena kami ingin segala sesuatu serba ekonomis, yaitu cukup untuk memenuhi fungsinya tanpa harus mahal-mahal atau “membeli harga desain”, kami cukup standar-standar saja dalam membeli furniture, bahkan beberapa pun bekas dari situs jual beli online. Yang penting, kebersihan dan kualitasnya masih OK jadi masih bisa dipakai di rumah kami.

Kemudian, desain lainnya adalah cara menata coffee table, memanfaatkan ruang di atas TV, penataan living room, adalah beberapa tips yang saya baca di Pinterest dan saya aplikasikan. Contohnya, nih, seperti gambar-gambar di bawah untuk coffee table, space di belakang TV, dan pernak-pernik lainnya.

photo-1

Untuk hobi saya yang lain yang bisa dijadikan home décor juga, yaitu melukis cat air, saya banyak nonton Youtube untuk melukis berbagai macam item. Tapi, karena belum punya framenya jadi belum bisa dipasang.

Kemampuan pasang tempel saya masih terbatas dengan menggunakan 3M ^_^, belum bisa ngebor dan masang paku. Ya, ngebor pernah sih di pekerjaan yang lalu, tapi untuk di rumah sendiri belum.

photo-2

Oke deh, ada yang mau share pengalaman dekor rumahnya di kolom komentar?

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s